Eropa 8 Hari 7 Malam (Day 3)

Cerita sebelumnya disini

Hari ini kami berencana ke Pisa menggunakan bus yang sudah kami pesan online disini. Perjalanan dari Roma ke Pisa diperkirakan menempuh waktu 5 jam 15 menit. Kami memesan bus yang berangkat jam 8.20 LT dari Roma Tiburtina Bus Station. Dari Stasiun Termini kami naik metro ke arah Rebibbia dan turun di Tiburtina, kami masih menggunakan one day pass yang kami beli kemarin karena ketentuan 24 jam tiketnya dimulai dari waktu kita pertama kali menggunakan tiket harian tersebut.

Sayang ketika kami sampai di Tiburtina dapat SMS dari flixbus info kalau busnya telat datang estimasi 1 jam telatnya. Gokil telatnya 1 jam hahaha, yasudah mau tidak mau kami menunggu busnya datang. Jadi agenda kami hari ini seharian hanya di bus menuju Pisa. Tepat pukul 9.30 LT busnya datang dan para penumpang semunya bergegas masuk ke dalam bus karena busnya tidak akan "mangkal" terlalu lama di terminal,secara busnya datang telat hahaha. Estimasi kalau bernagkatnya tepat waktu maka kami akan sampai Pisa pada pukul 13.30 LT, jadi karena telat 1 jam kami perkirakan akan sampai di Pisa jam 14.30 LT. Didalam bus tersedia wifi, seat 2-2, LCD dan toilet.

Perkiraan sampai di Pisa jam 14.30 LT ternyata meleset jauh karena kami sampai jam 16.00 LT. Kami deg-degan karena kami juga telah memesan kereta dari Pisa ke Firenze jam 18.00 LT yang konyolnya lagi kami baru ngeh kalo hotel tempat kami menginap di Firenze punya aturan maksimal check in jam 19.00 LT, lebih dari jam itu kena pinalti 10 euro per orang, buseeetttttt :(((.

Sampai di Pisa kami langsung menuju menara miring pisa tetapi sebelum tiba disana kami singgah ke restoran untuk makan siang yang telat hahaha. Disana ada restoran halal yang dikelola oleh imigran dari Bangladesh, jarak restoran ke menara miring Pisa tidak begitu jauh.

Di Pisa kami tidak bisa lama karena kepepet waktu kereta ke Firenze sekitar jam 17.00 LT kami bergegas ke Stasiun Pisa Centrale menggunakan bus. Jadi saran kami kalau berpegian keliling eropa jangan naik bus karena waktu perjalanan tidak bisa diprediksi tepat waktu. Dari Pisa ke Stasiun Pisa Centrale membutuhkan waktu 15 menit perjalanan. Tiba di Stasiun Pisa Centrale kami langsung ke papan pengumuman keberangkatan kereta yang ke Firenze untuk mengetahui kereta yang ke Firenze ada di peron nomor berapa. Setalah didapat nomor peron kereta yang ke Firenze kami langsung menuju peron tersebut dan segera naik kereta karena waktu keberangkatan kereta sudah dikit lagi berangkat.

Sampai di Stasiun Firenze jam 19.00 LT kami mau tidak mau jalan kaki ke hostel tempat kami menginap lokasi hostelnya tidak terlalu jauh dari stasiun, kami berjalan kaki sambil geret-geret koper hahaha. Sesuai aturan hostel tempat kami menginap, check in diatas jam 19.00 LT kami dikenakan biaya pinalti 10 euro untuk masing-masing dari kami huft. Setelah check in kami beberes di kamar setelah itu kami semua pada kelaperan tapi karena sudah malam kami sepakat saya dan Nanda yang pergi keluar untuk beli makanan dan biarkan yang wanita-wanita tinggal di hostel. Saya dan Nanda pergi keluar untuk beli makanan, kami beli pasta dan saya tiba-tiba ngidam lagi eskrim gelato jadilah saya beli eskrim gelato hahaha.
Makanan sudah kami beli saatnya kembali ke hostel untuk kasih makanan ke wanita-wanita yang kami tinggal di hostel tadi hahaha. Hari ini kami habiskan di Jalan karena lamanya perjalanan dari Roma-Pisa-Firenze. Di Firenze kami hanya untuk menginap semalam sebelum besoknya kami berangkat ke Venice. Selesai makan malam kami putuskan untuk tidur istirahatkan badan yang akan dipakai pergi lagi ke Venice hehehe.