Hong Kong 4 Hari 3 Malam (Day 1)

DAY 1 - JAKARTA - HONG KONG

Akhirnya saya nulis blog lagi setelah cukup lama blog ini ditinggalkan karena galau tidak ada bahan untuk ditulis :D

Sebelum membahas tentang Plesiran ke Hong Kong, Saya mau ceritain sedikit tentang proses book tiket pesawat buat perjalanan ini. Berawal dari iseng-iseng cari tiket semua maskapai, tanpa sengaja dapat tiket promo Garuda Indonesia dari Jakarta ke Hong Kong dengan harga USD 289.5 Return Include Tax. Ah kapan lagi bisa dapetin tiket Garuda Indonesia ke Hong Kong dengan harga segitu dengan pelayanan Full Service dibandingkan dengan maskapai lainnya yang Low Cost Carrier dengan kisaran harga segitu juga, akhirnya tlp temen-temen buat diracunin info tiket murah dan dapat terjaring 3 orang yang berhasil saya racunin, okesip tgl 15 Agustus 2012 tiket sudah di issued, yak masih 6 bulan lagi baru bisa terbang, lama ya? Namanya juga tiket promo :D

Tiket Garuda
Hari yang ditunggu pun tiba, kami berempat tiba di Soekarno Hatta International Airport pada pukul 8.00 di Terminal 2, kami langsung menuju loket Check In, antri imigrasinya tidak terlalu panjang dan kami pun segera menuju ruang tunggu.

Icha, Secha dan Ali Piliang (admin PM)

Icha, Secha, Mam Kania

Ada kejadian menarik dan juga menyebalkan bagi saya, sebenernya yang membeli tiket dengan harga penuh kan cuma 3 orang, sisanya satu orang yaitu Mam Kania menggunakan fasilitas tiket gratis Garuda dari sang suami tercinta. Nah yang buat saya iri bahkan menyebalkan adalah si Mam Kania mendapatkan Executive Class #envy :( *beruntungnya dia*

Pose bangganya si Mam Kania
Show Off dari Mam Kania

Oke cukup kita lupakan "kesombongannya" Mam Kania *tapi tetep envy* karena akhirnya kami harus memasuki pesawat dan tak lama kemudian pesawat mulai lepas landas pada pukul 11.30 (delayed 1,5 Jam). Waktu tempuh dari Jakarta ke Hong Kong selama kurang lebih 5 Jam, selama di dalam pesawat cukup membuat kami betah duduk berlama-lama di kursi pesawat karena Garuda Indonesia mempunyai fasilitas Full Entertaintment, mulai dari Film Box Office, video, musik cuma minus fasilitas Wi-Fi aja nih, ya semoga kedepannya ada fasilitas itu. Thanks a lot Garuda.

Dan alhamdulillah kami pun mendarat di Hong Kong International Airport pada pukul 17.30 (waktu di Hong Kong 1 Jam lebih cepat dari Jakarta) antri imigrasi disana pun tidak terlalu panjang, sangat cepat prosesnya. Okesip plesiran pun dimulai :D. Ohya Hong Kong terdiri dari 3 Pulau Utama (Lantau Island, Mainland, Hong Kong Island), Airport-nya sendiri berada di Lantau Island, tiba di Hong Kong International Airport kami seperti biasa foto-foto dulu *maklum turis norak* *biarin*

Setelah puas foto-foto kami langsung menuju Bus Stop untuk menuju ke daerah Tsim Sha Tsui (TST) karena kami sudah memesan penginapan di daerah tersebut dan Bus yang menuju TST hanya Bus A21, sebenernya ada beberapa cara menuju kesana selain menggunakan Bus, bisa menggunakan Airport Expess dan taksi tapi kami memilih untuk menggunakan Bus saja karena lebih murah *maklum budget traveler* :D. Ohya sebelum naik bus jangan lupa untuk membeli Octopus Card, kartu tersebut mirip dengan EZ-Link yang ada di Singapore yang bisa digunain untuk transportasi MTR, Bus bahkan untuk transaksi di Sevel, harga kartu tersebut 150 HKD (100 HKD value yang bisa di top up setiap keliapatan 50 HKD dan 50 HKD deposit kartu yang bisa di refund setelah kembalikan kartunya, info lengkap tentang Octopus Card ada disini). Setelah Octopus Card didapat kami pun langsung masuk ke dalam Bus A21, lama perjalanan dari Airport ke TST sekitar 30 menit dan sesampai di TST kami pun langsung turun dan menuju penginapan yang telah kami booking dari Jakarta.

Sesampainya di TST kami langsung menuju penginapan untuk check in dan istirahat sebentar, ohya sebagai informasi kawasan TST berada di Mainland tepatnya di daerah Kowloon dan merupakan salah satu kawasan terpadat di Dunia jadi jangan kaget kalau tiba disini ibarat berada di lautan manusia ^_^. Dari penginapan kemudian kami malam itu juga kami langsung menuju Ladies Market untuk makan malam dan berbelanja souvenir khas Hong Kong. Cara menuju Ladies Market dari penginapan kami adalah kami menuju stasiun MTR TST dan turun di stasiun MTR Mongkok (3 Stop). Letak Ladies Market tidak begitu jauh dari stasiun MTR Mongkok, cukup berjalan kaki. Sesampainya di Ladies Market seperti pasar malam kalau di Indonesia, banyak pedagang kaki lima yang menjajakan barang dagangannya mulai dari kaos, sovenir bahkan barang-barang ber-merk kualitas KW :)). Jangan malu untuk menawar harga disini karena harganya bisa jauh lebih murah bila kita jago nawar. Misal kaos I Love HK yang di jual HKD 100 / 3 pcs bisa ditawar menjadi HKD 100 / 5 pcs. Benar-benar mirip dengan pasar tradisional di Indonesia deh. Setalah puas berbelanja perut kami pun mulai demo meminta haknya untuk diisi, akhirnya kami putuskan sebelum kembali kami makan malam dulu *makan malam yang telat*.

A. TST, B. Ladies Market
Setelah putar-putar di daerah Ladies Market ternyata sangat susah mencari restoran yang halal tapi beruntung Mam Kania di colek oleh orang berperawakan tinggi tegap yang ternyata orang tersebut keturunan India dan dia adalah pegawai restoran India yang menyajikan makanan halal, sambil mencolek Mam Kania dia pun bilang "halal, halal, halal". hahaha awalnya kami kaget, taunya orang tersebut ingin menunjukan letak restorannya yang menyajikan makanan halal khas masakan India. Ah beruntung bawa wanita yang berjilbab jadi gampang mencari makanan halal, tinggal clingak clinguk aja nanti juga dicolek ama pegawai restoran yang kluyuran mencari pelanggan yang muslim :).

Hari ini kami tidak mempunyai banyak waktu untuk menjelajahi kota Hong Kong karena terbatasnya waktu karena itu kami sarankan untuk traveler yang ingin ke Hong Kong mengambil jadwal terbang dari Jakarta malam hari agar sampai di sini pagi hari jadi kalian sempat keliling kota Hong Kong di hari pertama ^_^.

Waktu sudah menunjukan pukul 00.00, perut sudah terisi penuh dan kantong belanja pun sudah berat ditangan kini saatnya kembali ke penginapan. kami naik dari stasiun MTR Mongkok dan turun di stasiun MTR TST. Sesampainya di penginapan kami pun langsung istirahat karena besok petualangan kami  baru akan dimulai. Tujuan kami besok adalah ke Macau :D

Cerita bersambung ke Hong Kong 4 Hari 3 Malam (Day 2)