Eropa Di Depan Mata

Seperti mimpi bisa ke Eropa, memang saya pernah bermimpi bisa menginjakan kaki di Eropa dan Alhamdulillah mimpi tersebut dapat terwujud. Jadi ingat waktu kecil dulu disaat saya dan papa mama saya lagi dalam perjalanan pulang dari tempat dagangan papa saya, saya tiba-tiba bertanya sekaligus meminta kepada mereka, "Pa, Ma, Nanti aku gede boleh keluar negeri?" Tanya aku sekaligus meminta. "Boleh nak! Emang kamu mau kemana? Jawab mereka sekaligus bertanya kembali. Ke BELANDA! Jawabku sekenanya saja. Entah kenapa nama Negara tersebut terucap dibibir saya yang masih tanpa dosa *ttsssaaahhh :)))*. Mama ku langsung menjawab "jangankan Belanda, kamu akan KELILING DUNIA. Akhirnya saat dewasa saya pun tersadar. jawaban mama ku bukan hanya sebatas peryataan tapi juga doa bagi saya dan memang sampai saat ini saya sudah ke Singapore, Kuala Lumpur, Hong Kong dan Macau.

Skip skip, sudah cukup intermezzonya :)))

Saya bisa ke Eropa karena dapat jatah tiket tiap tahun dari kantor tempat saya bekerja. Tiket yang bisa saya gunakan sesuai dengan rute terbang Garuda Indonesia dan itu Gratis tis tis tis hehehe. Terima kasih buat perusahaan saya tercinta yang telah baik hati memberikan jatah tiket gratis sekali setahun kesemua karyawannya kemana pun rute dari Garuda Indonesia :))).

Akhir Bulan Juli kemarin saya issued tiket di kantor saya untuk penerbangan Jakarta (CGK)-Amsterdam (AMS) PP untuk tanggal 9 September perginya dan tanggal 17 September 2016 pulangnya. Rencana tersebut saya berempat dengan teman kantor saya. Saya dan tiga orang teman saya yang bernama Rama, Basita dan Novi. Tapi apa mau dikata beberapa hari setelah tiket saya udah issued, saya dapat panggilan untuk sekolah rating 737 NG dari tanggal 1 Agustus 2016 s.d. 30 September 2016 jadi mau tidak mau tiket saya CGK-AMS harus rescheduled dan harus merelakan ketiga teman saya berangkat ke Eropa tanpa saya :'(. Saya akhirnya mengubah jadwal tiket untuk tanggal 30 September 2016 perginya dan 8 Oktober 2016 pulangnya, sambil saya tetap komunikasi dengan Rama untuk menanyakan apa ada teman kantor yang mau ke Eropa ditanggal tersebut dan akhirnya ada, Ananda dan Bira namanya :)), mereka memang ada rencana yang sama ke Eropa.

Mulailah kami bertiga menyusun rencana perjalanan, sambil kami buat itinerary mereka berdua (Nanda dan Bira) mencoba untuk issued tiket dikantor namun sayangnya mereka nggak kebagian tiket pergi tanggal 30 September 2016 karena sudah habis terjual jadi diambil keputusan mereka berangkat tanggal 29 September 2016 dan pulang tetap sama yaitu tanggal 8 Oktober 2016. Ditengah perjalanan kami menyusun itinerary datanglah Rani yang mau juga ikut ke Eropa, Rani teman kantor kami yang kebetulan teman sekelas sekolah 737 NG saya jadilah kami berempat berencana ke Eropa.

Dari diskusi dan lobby-lobby politik kami *apasiiiih* akhirnya diputuskan rute kami di Eropa adalah Jakarta, Amsterdam, Roma, Venice, Paris, Brussels, Amsterdam, Jakarta. Tetapi saat booking hotel dan transportasi antar kotanya ada masalah saat mau memesan kereta dari Roma ke Venice yang selalu gagal untuk dipesan, datanglah ide dari Nanda untuk singgah sebentar di Pisa dan menginap semalam di Firenze, disepakatilah untuk modifikasi rute kami jadi Jakarta, Amsterdam, Roma, Pisa, Firenze, Venice, Paris, Brussels, Amsterdam, Jakarta. Setelah rute ditentukam kami memulai booking hotel dimasing-masing kota, tiket pesawat Amsterdam-Roma, tiket bus Roma-Pisa, tiket kereta Pisa-Firenze, tiket kereta Firenze-Venice, tiket pesawat Venice-Paris, tiket kereta Paris-Brussels, tiket kereta Brussels-Amsterdam. *ketok palu, saaahhhh*

Kami pesan 2 kamar Best Western Amsterdam Airport Hotel untuk semalam dari tanggal 1 Oktober 2016 sampai 2 Oktober 2016 seharga Rp 1,961,010, tiket pesawat sekali jalan tanggal 2 Oktober 2016 jam 06.00 LT pakai maskapai Vueling dari Amsterdam (AMS) ke Roma (FCO) seharga 218.32 Euro untuk 4 orang, pesan 2 kamar di BnB Alex Roma untuk semalam dari tanggal 2 Oktober 2016 sampai 3 Oktober 2016 seharga 120.32 USD, lanjut tiket bus Roma-Pisa pakai Flexibus tanggal 3 Oktober 2016 untuk 4 orang seharga 36 Euro, kemudian tiket kereta Pisa-Firenze pakai kereta Trenitalia tanggal 3 Oktober 2016 untuk 4 orang seharga 33.60 Euro, pesan 1 kamar Art Hostel Firenze untuk semalam dari tanggal 3 Oktober 2016 sampai 4 Oktober 2016 seharga 75.59 Euro, tiket kereta Firenze-Venice pakai kereta Italotreno tanggal 4 Oktober 2016 untuk 4 orang seharga 100.51 Poundsterling, Hotel 1 kamar Universo Nord Hotel Venice untuk semalam dari tanggal 4 Oktober 2016 sampai 5 Oktober 2016 seharga 122.30 Euro, setelah itu tiket pesawat sekali jalan tanggal 5 Oktober 2016 jam 15.05 LT pakai maskapai Easyjet dari Venice (VCE) ke Paris (ORY) seharga 131.28 Euro untuk 4 orang, dilanjut pesan 1 kamar Bedlowcost Paris untuk 2 malam dari tanggal 5 Oktober 2016 sampai 7 Oktober 2016 seharga 110 Euro, lanjut lagi pesan tiket kereta dari Paris-Brussel jam 8.25 LT dan Brussels-Amsterdam jam 21.52 LT ditanggal yang sama yaitu tanggal 7 Oktober 2016 untuk 4 orang masing-masing seharga 164 Euro dan 116 Euro semunya pakai Thalys dan terakhir kami pesan 1 kamar Ibis Schiphol Amsterdam Airport Hotel untuk semalam dari tanggal 7 Oktober 2016 sampai 8 Oktober 2016.

Fiiiuuhhh akhirnya selesai sudah pesan ini itu, total biaya yang sudah kami keluarkan sekitar Rp 22,361,903 untuk berempat atau masing-masing dari kami telah keluar uang sebesar Rp 5,590,475 dan kami pun tidak sabar menunggu tanggal 30 September 2016, eh maksudnya kami disini untuk saya dan Rani karena kalau Nanda dan Bira mereka perginya tanggal 29 September 2016. Betapa curangnya mereka berdua fuh fuh fuh :)))

Ditunggu ya postingan Trip Eropa dari saya yaaaa :)))